Tuesday 11 July 2017

Kasus dan kaitan dengan Teori Rational Emotive Behavior Therapy


Analisis Kasus














Nama Klien                 : Hendra
Pekerjaan                     : Siswa
Kelas                           : 11 SMA

            Di sebuah sekolah ada seorang siswa bernama Hendra yang duduk di kelas 11, saat itu ia dipanggil oleh guru BK terkait dengan masalah yang ia alamai. Saat klien masuk, konselor membuat klien duduk senyaman mungkin dan menanyakan kegiatan klien hari itu. Kemudian, konselor menanyakan mengenai keadaan belajar klien di kelas, sebab ada seorang guru yang melapor kalau klien memiliki kesulitan dalam menghafal hafid sehingga sering lupa-lupa dan klien tampak murung di kelas. Lalu, klien diminta menceritakan apa yang ia rasakan, tapi klien masih tampak ragu-ragu, melihat hal itu konselor pun mengatakan bahwa kerahasiaan klien pasti terjamin dan akhirnya klien mulai menceritakan permasalahannya.                 
     Beberapa hari yang lalu tepatnya hari Minggu, klien sedang pergi bersama pacarnya ke sebuah taman dan ternyata ia dipergoki oleh ayahnya. Permasalahannya adalah keluarga klien sangat memegang asas keagamaan yang begitu kuat, sehingga ia dan adik-adiknya dilarang untuk pacaran karena menurut ayah klien yang seorang kyai, pacaran merupakan tindakan berzinah dan hanya boleh dilakukan jika klien memperkenalkan teman perempuannya dengan tujuan untuk menikah bukan sekedar pacaran saja. Saat dipergoki klien merasa    sangat  bersalah begitu dalam karena ia telah mengkhianati ayahnya, selain itu klien juga merasa malu dengan apa yang ia lakukan sampai-sampai klien tidak pulang ke rumah. Akibatnya, klien menginap di rumah temannya selama 2 hari dengan tujuan menghindari masalah yang sedang ia alami.                                                                                           Setelah klien bercerita, konselor merespon dengan meminta klien berpikir apakah dengan hanya sekedar menemui pacarnya berarti klien adalah orang yang sangat kotor, buruk, dan sebagainya. Saat ditanyakan seperti itu klien mulai berpikir ulang dan ia menjadi sadar bahwa pikirannya yang menilai dirinya kotor dan buruk karena hanya menemui pacarnya sangatlah tidak masuk akal, tapi tetap saja ia merasa malu dan bersalah dengan dirinya sendiri. Klien merasa ketika ia melanggar perintah orangtua itu sama saja dengan ia melanggar perintah Tuhan. Kemudian, konselor menjelaskan lagi bahwa dengan klien tidak pulang ke rumah dan tidak meminta maaf kepada orangtuanya, klien tidak dapat memenuhi bakti kepada orangtuanya. Namun, walau sudah dinasehati seperti itu, klien masih merasa bahwa konselor tidak mengerti keadaan ayahnya yang akan memarahi ia habis-habisan. Lalu, konselor menjelaskan dengan penuh kesabaran bahwa lebih baik mati tapi sudah meminta maaf kepada orangtua atau hidup dibalut dengan penuh dosa.   
       Setelah mendengar beberapa penjelasan dari konselor, klien akhirnya menyadari bahwa yang dikatakan konselor itu benar, ia juga memutuskan untuk pulang ke rumah dan meminta maaf kepada orangtuanya. Selain itu, klien juga merasa lega telah melakukan konseling karena sebelumnya ia bingung harus berbuat apa. Sebelum sesi konseling ditutup, konselor memberikan beberapa tugas kepada klien yaitu, klien harus segera mungkin pulang ke rumah, sujud meminta maaf kepada orangtua, dan menceritakan hubungan klien dengan pacarnya. 

Kaitan dengan Teori REBT

     Pada video tersebut masalah yang dihadapi klien diselesaikan dengan menggunakan rational emotive behavior therapy  yang dikembangkan oleh Albert Ellis dengan nama pendekatan rational therapy, kemudian berubah menjadi rational emotive therapy, dan pada tahun 1993 berubah lagi namanya menjadi rational emotive behavior therapy.Tujuan dari terapi ini adalah membantu klien dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan emosi, perilaku, dan pikiran atau gagasan yang tidak logis sehingga klien dapat mengembangkan dirinya dan klien dibantu untuk berpikir serta bertindak secara rasional bagi dirinya dan lingkungannya.                                                                                           
        Proses terapi dalam REBT terdiri dari 3 tahapan, yaitu fase awal pada fase ini klien diminta untuk membicarakan masalah apa yang mengganggunya dan konselor menyadarkan klien akan pikiran-pikiran irasionalnya. Jika dikaitkan dengan cerita diatas, diketahui bahwa klien mengalami kesulitan dalam menghafal hafid dikarenakan klien memiliki masalah dengan orangtuanya yaitu ia dipergoki ayahnya saat berpacaran dan ia merasa sangat bersalah, malu, dan kotor sampai-sampai tidak mau pulang ke rumah. Kemudian konselor menyadarkan klien bahwa dengan hanya sekedar bertemu pacar bukan berarti klien adalah manusia kotor dan buruk seperti yang ia rasakan.             
    Kemudian pada fase kedua yaitu, klien diajarkan untuk memperkuat keyakinan rasional dan mengubah pikiran negatif serta membantu klien menemukan tujuan rasionalnya. Jika dikaitkan dengan cerita diatas, konselor memberikan penjelasan-penjelasan yang cukup logis sehingga keyakinan rasional klien dapat diperkuat. Seperti konselor menjelaskan bahwa lebih baik mati tapi telah meminta maaf kepada orangtua daripada hidup dengan dibaluti dosa, selain itu konselor juga menjelaskan bahwa dengan klien kabur tanpa meminta maaf kepada orangtua maka Tuhan juga belum tentu akan memaafkan klien. Kemudian, pada fase kedua ini konselor juga membantu klien dalam menemukan tujuan hidupnya yaitu berbakti kepada orangtuanya, dan hal itu tidak akan terwujud jika klien tidak pulang dan meminta maaf kepada orangtuanya. Pada fase ini klien diajarkan untuk menyelesaikan masalahnya dengan pulang dan meminta maaf dengan begitu tujuan hidupnya akan bisa terwujud. Pertanyaan-pertanyaan yang digunakan konselor pada video diatas sangat membantu klien dalam membangung dan memperkuat pikiran rasionalnya serta pikiran negatifnya pun diubah.                                                                                                                                         
            Terakhir adalah fase ketiga yaitu, pada fase ini klien diminta untuk selalu berpikir rasional atau mengembangkan pikiran rasionalnya agar pikiran-pikiran negatifnya tidak membawa klien kepada suatu masalah. Jika dikaitkan dengan video diatas konselor mengatakan bahwa marahnya ayah klien tidak akan sampai menganggap klien bukan anak ayahnya dan dengan tidak pulang ke rumah berarti sama saja tidak menyelesaikan masalah. Melalui pembicaraan tersebut, klien secara tidak langsung diminta untuk selalu berpikir rasional akan dirinya dan dengan begitu masalah yang ia hadapi dapat terselesaikan.                    
          Selain tahapan terapi yang ada pada video tersebut, konselor pada video tadi juga meminta klien untuk menerima dirinya tanpa syarat. Hal ini berkaitan dengan salah satu keadaan yang dikembangkan oleh Albert Ellis yaitu, unconditional self-accpetance dimana klien selalu bisa menerima dirinya tanpa syarat, tanpa harus memperdulikan apakah tindakan yang dilakukannya benar atau salah. Lewat video tersebut klien diminta oleh konselor untuk menerima dirinya yang sudah bersalah kepada ayahnya tanpa harus merasa bahwa dirinya kotor dan buruk. Melalui penerimaan dirinya tersebut, klien dapat mengakui kesalahannya serta meminta maaf kepada orangtuanya. 
         Selanjutnya, teknik kognitif yang digunakan konselor pada video di atas adalah disputing. Dimana klien diberikan pertanyaan mengenai pemikiran irasionalnya dan klien diajak berpikir mengenai hal tersebut sampai ia menyadari lalu membantah pikiran itu. Pada video di atas klien mengatakan bahwa ia merasa dirinya kotor dan buruk karena telah mengkhianati perintah ayahnya. Kemudian konselor merespon dengan bertanya apakah hanya sekedar bertemu pacar berarti membuat diri klien kotor dan buruk, lalu klien berpikir sejenak dan ia sadar bahwa pikirannya itu sangat tidak masuk akal. Bukan hanya itu saja, konselor juga menanyakan apakah dengan tidak pulang ke rumah dan tidak meminta maaf kepada orangtua maka Tuhan juga akan memaafkan kesalahan klien, lalu klien sadar bahwa hal itu sangat salah. Lewat teknik ini maka klien sudah bisa membantah pikiran irasional yang mengganggu dirinya.                                                                                                                         Selain disputing, dalam video tersebut konselor juga menggunakan teknik kognitif diskusi. Klien diajak berdiskusi tentang pikiran-pikiran irasionalnya, seperti klien mengatakan bahwa ayahnya bisa memenggal kepalanya jika ia pulang ke rumah dan meminta maaf. Konselor pun merespok dengan menjelaskan adalah lebih baik jika mati tapi sudah meminta maaf kepada orangtua, dibandingkan hidup namun masih berdosa kepada orangtua. Melalui teknik diskusi ini klien dijelaskan oleh konselor mengenai kelebihan dan kekurangan dalam mengambil tindakan tersebut.

Sumber:
Mahyuddin, I. (2007). Terapi r.e.b agar hidup bebas derita. Yogyakarta: B-First.
Naisaban, L. Para psikolog terkemuka dunia. Jakarta: Grasindo.
Nelson-Jones, R. (2014). Theory and practice of counselling and psychotherapy sixth edition. United Kingdom: Sage Publications.
Semiun, Y. Kesehatan mental 3. Yogyakarta: Kanisius.

Setio, M. (1997). Buku saku psikiatri. Jakarta: EGC.

Sumber video: 
https://www.youtube.com/watch?v=XdYJBW2Ljm0

No comments:

Post a Comment