Monday 7 March 2016

KONSEP SEHAT









Sehat merupakan suatu keadaan yang normal dan bersifat alami atau dengan kata lain sehat adalah kemampuan untuk menjalankan fungsi yang ada secara mandiri di dalam lingkungan yang berubah-ubah. Berikut ini akan dibahas konsep sehat dari lima aspek.

1. Sehat intelektual : seseorang yang sehat secara intelektual mampu melakukan pemecahan masalah dan memiliki kemampuan berpikir tinggi yang berhubungan dengan tantangan hidup. Orang yang sehat secara intelektual juga ditandai dengan menganilisis situasi, menentukan jalan keluar, dan membuat keputusan. Setelah mengambil keputusan, maka orang tersebut dapat belajar dari pengalaman dan mampu menilai tepat atau tidak pilihannya tersebut.

2. Sehat sosial : memiliki konsep bahwa seseorang memiliki perilaku yang baik dikarenakan mendapat dukungan secara emosional dan hubungan yang baik dengan keluarga,teman, dan rekan kerja. Sehat secara sosial ini juga berarti seseorang hidup dalam suatu komunitas, sebuah grup, dan organisasi sehingga tidak terisolasi. Sebab, dengan turut aktif dalam sebuah komunitas akan membuat hubungan sosial kita menjadi lebih kuat karena jika tidak begitu akan berakibat buruk untuk kesehatan kita.

3. Sehat emosi : tentu saja kita sering mengalami situasi yang kurang mengenakkan dan cukup mengesalkan diri kita. Pada saat itu kecerdasan emosi kita diperlukan. Seseorang yang cerdas secara emosi akan mampu untuk mengubah respon dirinya terhadap situasi tersebut, bertindak dengan penuh kesadaran, dan berpikir secara rasional. Sehingga tindakan yang dihasilkan bukan berupa hal negatif tetapi lebih ke arah yang positif.

4. Sehat fisik : berhubungan dengan sistem organ seperti sistem pernapasan, tekanan darah, jantung, sistem reproduksi, dan sistem syaraf. Jika salah satu dari organ tersebut tidak berjalan dengan semestinya, tubuh akan mengeluarkan suatu tanda dan gejala yang menandakan bahwa kita kurang sehat. Tanda merupakan suatu yang dapat diukur seperti deman dan gejala lebih bersifat subjektif seperti sakit kepala. Tentunya orang yang sehat secara fisik sistem organnya berjalan dengan semestinya dan tidak menimbulkan rasa sakit.

5. Sehat spiritual : memiliki sebuah kepercayaan atau agama yang dapat mempengaruhi kesehatan spiritual seseorang dengan cara beribadah. Namun, bukan hanya melalui sistem kepercayaan saja seseorang dapat mengembangkan kesehatan spiritualnya, tetapi mereka juga dapat langsung berhubungan dengan alam sekitar, seperti berlibur dan mendengarkan musik. Apa pun sifat dasar kerohanian setiap orang, mereka bisa menerima rasa damai dan keserasian dengan percaya bahwa hidup mereka memiliki tujuan.


Daftar Pustaka :

Alters, Sandra dan Wendy S. 2009. Essentials Concept for Healthy Living. Canada : Jones and Bartlett Publisher.

Asmadi. 2005. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : Buku Kedokeran EGC.

Hardie,G. dan Malcolm L. 2013. The Emotionally Healthy Leader. Australia : Montery Press.



Sumber gambar : hhttp://www.runaddicts.net/wp-content/uploads/2010/06/morning_run.jpg

No comments:

Post a Comment