Tuesday 4 November 2014

Bab 4

Manusia dan Cinta Kasih



A.    Pengertian Cinta Kasih
Cinta merupakan perasaan positif yang lahir dari diri seseorang dan diberikan pada manusia atau benda lainnya,semua makhluk dapat mengalami yang namanya cinta. Sedangkan kasih merupakan perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia perasaan ini timbul apabila manusia tersebut memiliki rasa menyayangi dan memiliki. Kasih juga dapat diartikan sebagai hubungan keterkaitan antara manusia dengan sesuatu. Kasih juga bermakna luas yang menyangkut hubungan manusia dengan manusia maupun hubungan manusia dengan Tuhan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa cinta kasih merupakan perasaan yang timbul dari dalam diri seseorang yang bersifat positif dan ada unsur menyayangi serta memiliki. Walaupun ada sedikit perbedaan antara cinta dan kasih namun keduanya saling berkaitan. Cinta lebih mengandung mendalamnya rasa sedangkan kasih lebih keluarnya dengan kata lain bersumber cinta yang mendalam maka kasih dapat diwujudkan dalam bentuk nyata.
Cinta kasih akan selalu ada didalam kehidupan setiap manusia dan setiap manusia berhak menerima cinta kasih. Hal tersebut merupakan anugrah yang diberikan oleh Tuhan kepada makhluk ciptaanNya. Serta harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam setiap aspek aktifitas manusia.

B.    Cinta Menurut Ajaran Agama
Menurut ajaran agama cinta dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu :
                                                        I.            Cinta diri : erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri. Manusia senang untuk tetap hidup,mengembangkan potensi dirinya,dan mengaktualisasikan diri. Manusia mencintai segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan kepada dirinya dan membenci sesuatu yang menghalanginya untuk hidup.
                                                      II.            Cinta kepada sesama manusia : untuk menjaga keharmonisan dan keserasian antara manusia dengan manusia lainnya maka manusia harus membagikan cinta dan kasih sayangnya kepada orang lain.
                                                    III.            Cinta seksual : erat kaitannya dengan dorongan seksual. Cinta ini bekerja dalam melestarikan kasih sayang,keserasian,dan kerja sama antara suami dan istri. Merupakan faktor primer bagi kehidupan keluarga.
                                                    IV.            Cinta kebapakan : antara ayah dan anak tidak terjalin ikatan fisiologis seperti ibu dengan anaknya. Maka dapat disimpulkan bahwa dorongan kebapakan adalah dorongan psikis bukan fisiologis.
                                                      V.            Cinta kepada Allah : merupakan cinta yang paling jernih dan bersifat spiritual. Cinta ini tidak hanya diwujudkan dalam kegiatan beribadah,berdoa serta pujian kepada Allah namun juga menyangkut perilaku dan tindakan kita.

C.    Kasih Sayang
Kasih sayang merupakan hal yang bersifat universal bukan hanya terhadap laki-laki dan perempuan namun juga bisa terhadap saudara,sahabat,keluarga dan lain-lain.  Kasih sayang yang tulus selalu memiliki unsur ikhlas dan lebih banyak memberi daripada menerima. Dalam hal ini kasih sayang selalu mengutamakan kepentingan orang yang dikasihinya dibandingkan dirinya sendiri.
Kasih sayang juga merupakan anugrah dari Tuhan yang diberikan kepada manusai. Kasih sayang bertujuan untuk menciptakan kehidupan damai agar selalu tercipta ketentraman. Maka setiap orang perlu mengerti makna yang sebenarnya mengenai kasih sayang agar bisa lebih menghargai kepribadian orang lain yang sangat berbeda kepribadiannya dengan dirinya.
Setiap manusia selalu mendambakan kasih sayang . Salah satunya adalah kasih sayang orang tua terhadap anaknya khususnya kasih sayang seorang ibu. Rasa tersebut akan muncul ketika ada perasaan iba dan simpatik dalam diri seseorang kepada orang yang dikasihinya.
Melalui kasih sayang seseorang akan bersedia melakukan apa saja untuk menunjukkan rasa sayangnya tersebut. Rasa kasih selalu menimbulkan ketersediaan untuk berkorban serta pengabdian sehingga dapat dikatakan bahwa rasa kasih sayang memiliki kekuatan yang dahsyat. Kasih sayang mempunyai kekuatan penggerak yang luar biasa hebatnya. Mampu mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin dan mengubah sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata.



D.    Kemesraan
Berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan menggambarkan keadaan yang sangat erat atau karib.  Kemesraan berasal dari cinta kasih dan merupakan wujud nyata dari cinta kasih. Kemesraan dapat diartikan sebagai kekerabatan dan keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih. Kemesraan dapat dibedakan menjadi beberapa tingkat yaitu :
·         Kemesraan dalam tingkat remaja : terjadi pada masa pubertas atau genetal pubertas dimana masa remaja yang memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
·         Kemesraan dalam rumah tangga : terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan . Biasanya pada masa awal pernikahan kemesraan sangat begitu terasa,namun lama kelamaan kemesraan biasanya suka berkurang.
·         Kemesraan manusia usia lanjut :  kemesraan pada manusia selalu berbeda dengan usia sebelumnya. Pada usia lanjut manusia kemesraan diwujudkan dengan jalan-jalan dan sebagainya.

E.    Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan merupakan inti,nilai,dan makna kehidupan yang sebenarnya.
Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.
Pemujaan sebenarnya merupakan keinginan manusia untuk berkomunikasi dengan Tuhannya. Tujuannya yaitu manusia ingin mohon ampun atas segala dosanya,mohon perlindungan,mohon dilimpahkan kebijaksanaan,serta ditunjukkan jalan yang benar.

F.    Belas Kasihan
Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasihan untuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria-wanita,cinta kepada Tuhan.
Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak.Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah dia menggugah potensi belas kasihanya itu.
Dalam esai on love ada pengertian bahwa cinta adalah rasa persatuaan tanpa syarat. Itu berarti,dalam rasa belas kasihan tidak terkandung unsure pamrih.Belas kasihan yang kita tumpahkan benar-benar dari lubuk hati yang ikhlas. Kalau kita memberikan uang pada pengemis agar mendapatkan pujian,itu berarti tidak ikhlas,berarti ada tujuan tertentu. Hal seperti itu banyak terjadi dalam masyarakat.
Dalam kehidupam banyak sekali yang harus kita kasihani dan banyak cara kita menumpahkan belas kasihan. Yatim piatu, orang-orang jompo yang tidak mempunyai ahli waris, pengemis yang benar-benar tidak mampu bekerja,orang sakit dirumah sakit, orang cacat, masyarakat kita yang hidup menderita dan sebagainya itulah orang-orang yang perlu kita kasihani. Orang –orang itu umumnya menderita lahir dan batin dan umumnya sedikit tangan yang menaruh belas kasihan. Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung kepada situasi dan kondisi. Ada yang memberikan uang, ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan dan sebagainya.
Perbuatan atau menaruh belas kasihan adalah orang yang berakhlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Belas kasihan yang kita tumpahkan benar-benar keluar dari lubuk hati yang ikhlas. Belas kasihan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memerlukannya.

G.   Cinta Kasih Erotis
Erotis adalah satu dari sekian banyak jenis cinta kasih. Cinta kasih erotis adalah cinta kepada lawan jenis. Hal ini lebih cenderung kearah jatuh cinta dan kemesraan.  Dengan adanya rasa jatuh cinta akan menuju pada cinta kasih erotis. Cinta kasih erotis ini tidak sdapat disamakan dengan jenis cinta kasih lain, sebab dalam hal ini terdapat suatu ekslusifitas. Cinta kasih erotis ini tidak hanya dimiliki oleh kaum muda tapi juga sepasang suami istri.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian, yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya, dan menerima pribadi orang lain. Mencintai dan mengasihi seseorang bukan hanya merupakan perasaan yang kuat. Melainkan merupakan suatu putusan, suatu penilaian, suatu perjanjian.




Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta
http://abdulgani84.wordpress.com/2011/04/29/kasih/
http://agaiueo.tumblr.com/post/34023978227/pengertian-cinta-kasih-cinta-dan-kasih-adalah
http://ilmu-budayadasar.blogspot.com/2012/12/cinta-menurut-ajaran-agama.html
http://filsafat.kompasiana.com/2013/02/14/makna-kasih-sayang-sejati-528644.html
http://www.anneahira.com/makna-kasih-sayang.htm
http://mimuuu.blogspot.com/2011/03/manusia-dan-cinta-kasih.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab4-manusia_dan_cinta_kasih.pdf
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/kashsayangdan-belas-kasihan/
http://natashaerinia.blogspot.com/2013/11/cinta-kasih-erotis.html
http://www.danielfusco.com/wp-content/uploads/Latest-Love.jpeg



  

No comments:

Post a Comment