Monday 10 November 2014

Bab 9-10

 Manusia dan Tanggung Jawab

You are responsible for your own happiness Meaningful Picture Quotes you are responsible for your own happiness Meaningful picture Quotes




A.    Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung,memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya. Manusia menciptakan keseimbangan,keserasian,keselarasan antara sesama manusia dan antara manusia dan lingkungan.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab pasti ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.
Tanggung jawab bila dikaji merupakan kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat atau sebagai akibat perbuatan dari pihak lain. Tanggung jawab juga merupakan ciri manusia beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Kesadaran bertanggung jawab dapat ditempuh dengan cara pendidikan,penyuluhan,keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B.     Macam-Macam Tanggung Jawab
1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri : menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri. Manusia merupakan makhluk pribadi yang mempunyai pendapat,angan-angan,dan perasaan sendiri. Hal-hal tersebut menyebabkan manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal tersebut manusia tidak luput dari kesalahan dan kekeliruan.
2.      Tanggung jawab terhadap keluarga : tiap anggota keluarga yang terdiri dari ayah,ibu,dan anak wajib bertanggung jawab terhadap keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga yang merupakan kesejahteraan, keselamatan,pendidikan,dan kehidupan.
3.      Tanggung jawab terhadap masyarakat : manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain agar dapat melangsungkan hidupnya. Jadi wajar apabila tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
4.      Tanggung jawab kepada bangsa/negara : tiap individu merupakan warga negara dari setiap negara. Dalam berpikir,berbuat,bertingkah laku,bertindak manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri apabila perbuatannya salah maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
5.      Tanggung jawab terhadap Tuhan : Tuhan menciptakan manusia di bumi bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia itu tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci dari berbagai agama. Manusia tidak terhindar dari kesalahan dan saat manusia melakukan kesalahan maka manusia akan diperingatkan oleh Tuha. Jika manusia mengabaikan peringatan dan perintah Tuhan berarti manusia meninggalkan tanggung jawab yang harus dilakukan kepada Tuhan.

C.     Pengabdian dan Pengorbanan
1.      Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran,pendapat,ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan,cinta,kasih sayang,hormat,atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila seseorang bekerja sehari penuh maka dengan begitu ia mengabdi kepada keluarga. Lain halnya jika kita membantu seseorang dalam kesulitan, mungkin sampai berhari-hari itu bukn pengabdian,tetapi hanya bantuan saja.
2.      Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.  Pengorbanan sebagai arti pemberian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kita membaca atau mendengarkan khotbah agama. Dari kisah para tokoh atau nabi manusia akan memperoleh teladan , bagaimana semestinya wajib berkorban. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda,pikiran,perasaan, bahkan dapat juga berup jiwa.


http://www.quotesdump.com/you-are-responsible-for-your-own-happiness-meaningful-picture quotes/ 

No comments:

Post a Comment